Sistem Pakar Pencatatan Keuangan Akuntansi
Kecerdasan buatan adalah kecerdasan
yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau
bisa disebut juga Intelegensi Artifisial atau disingkat AI,
didefinisikan sebagai entitas ilmiah. Sistem seperti ini biasanya dianggap
komputer, kecerdasan diciptakan dan dimasukkan kedalam suatu mesin agar dapat
menjalankan suatu pekerjaan seperti manusia. Beberapa macam bidang yang
menggunakan kecerdasan buatan diantaranya Sistem Pakar, Permainan, dan
Robotika.
Kecerdasan Buatan, merupakan sub
bidang pengetahuan komputer yang khusus ditujukan untuk membuat Software dan
Hardware yang sepenuhnya bisa menirukan beberapa fungsi otak manusia.
Kecerdasan Buatan dapat dipandang dari sudut pandang, antara lain :
1. Sudut Pandang Pengguna
- Kecerdasan buatan akan membuat mesin menjadi cerdas, mampu berbuat, melakukan, ataupun mengerjakan sesuatu sesuai seperti yang manusia lakukan.
2. Sudut Pandang Penelitian
- Kecerdasan buatan adalah suatu studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang manusia kerjakan.
Awal Mulai Kecerdasan Buatan
Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan
bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang
rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis
pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada
Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.
Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan
Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter
Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas
" pada 1943 yang meletakkan fondasi untuk jaringan saraf.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program
AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti
Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program
permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program
permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat
istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan
untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa
pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing
test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku
cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA,
sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Rencana Sistem Pakar
Sistem pakar seperti apa yang akan dibuat ? Sistem yang akan
dibuat yaitu, sistem pakar yang membantu pencatatan keunangan yang dapat
digunakan individu maupun perusahaan yang akan membantu pengguna saat proses
penginputan data / catata keuangan baru kedalam database. Jika saat proses
penginputan terdapat kesalahan maka sistem pakar akan segera memberi tau pengguna
bahwa terdapat kesalahan data. Sistem pakar yang direncanakan seperti assistant
virtual yang mana membantu proses penginputan data yang dilakukan pengguna agar
data tersebut sesuai dengan yang pengguna input. Sistem pakar akan mulai
bekerja saat pengguna membuka aplikasi, saat proses login pengguna, pembuatan pengguna
baru hingga jika suatu saat kita lupa password kita, akan dibantu oleh sistem
pakar tersebut. Setelah pengguna berhasil login dan ingin membuat data baru
maka sistem pakar juga akan membantu memantau data baru tersebut agar tidak
terdapat kesalahan penginputan hingga kita selesai mengedit data tersebut.
Comments
Post a Comment