Pengertian SEO, SEM, SMM, SMO dan Manfaatnya
Dalam dunia
digital marketing, SEO menjadi salah satu cara yang selalu ditempuh untuk
melancarkan strategi marketing. Mungkin sebagian dari Anda Anda sudah memahami
betul apa itu SEO. Namun apakah Anda juga sudah tahu menahu tentang SEM, SMM,
dan SMO? Perlu Anda ketahui, SEO, SEM, SMM, dan SMO telah memegang peranan
penting dalam penentuan peringkat pada mesin pencari.
Dengan melakukan optimasi SEO, SEM, SMM, dan SMO maka hal itu
akan membantu website milik Anda berada pada halaman pertama dalam mesin pencari,
bahkan menjadi peringkat pertama. Untuk mendapatkan hal tersebut, bukan hanya
sekedar melakukan optimasi terhadap SEO, SEM, SMM, dan SMO. Namun tetap
diperlukan suatu strategi marketing yang tepat untuk membuatnya menjadi semakin
terarah dan tepat sasaran.
SEO
SEO (Search Engine Optimization) adalah
cara yang dilakukan sesorang agar web nya berada di posisi atas di mesin
pencarian atau search engine. Jadi ketika
seseorang searching di google atau search engine lainnya maka web atau blog kita
berada pada posisi pertama atau halaman pertama. Kenapa sih harus berada paling
atas?
Lha ya jelas lah
semakin atas websitenya semakin banyak pengunjungnya. Coba kalo kalian
searching di google, pasti yang diliat halaman 1 doang. Jarang yang browsing sampe halaman 2 apalagi 3 kan. Oleh
karena itu makanya ada yang melakukan SEO.
Keuntungan
yang didapat dengan melakukan SEO adalah :
1.
Mendatangkan traffic yang banyak
2.
Meningkatkan Penjualan
3.
Meningkatkan daya saing
Tabel Kelebihan dan Kekurangan Non-SEO VS SEO
Berikut ini table kelebihan situs/halaman web yang non-SEO VS kelebihan
situs/halaman web yang di-SEO-kan.
Dan ini masing-masing
kekurangannya:
SEM
SEM
(Search Engine Marketing) adalah cara yang digunakan
untuk memasarkan atau mengiklankan website kita kepada pihak yang menyediakan
jada periklanan tersebut. Jenis pemasaran iklan sangat bergam, bisa berupa
gambar, animasi, tulisan dan masih banyak lagi. SEM yang sedang terkenal
sekarang adalah google Adwords. Ketika kita mengetikan sesuatu pada search enginegoogle maka aka nada beberapa website yang
diiklankan dan letaknya berada paling atas.
Secara
tingkatan, SEM lenih unggul dibandingkan dengan SEO. Sistem pembayaran yang
digunakan oleh SEM adal PPC (Pay Per Click)
atau Pay Per Impression.
SMM
SMM
(Social Media Marketing) adalah penggunaan social media
sebagai media marketing untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Kita sudah
memasuki era social media shingga penggunaan social edia sudah sangat lumrah
dan sangat efektif untuk marketing.
Perbedaan
SMM dengan SEO ataupun SMO adalah SMM menggunakan konten berbayar. Kita
beriklan di social media. Untuk mengoptimalkan social media tentu kita harus
mencari target pasar terlebih dahulu sehingga kita tidak kesulitan dalam
mengatur social media kita. Semakin luar jangkauan area SMM semakin besar
dampak yang diberikan terhadap website dan produk.
Para
pelaku bisnis online sering memilih SMM karena murah, mudah dan lebih efektif
dan efisien. Dampak lainnya adalah meningkatkan pemasaran produk. Dengan
semakin banyaknya pengguna social media tentu kemungkinan suatu produk dilihat
oleh orang menjadi tinggi.
SMO
SMO
(Social Media Optimizing) adalah teknik yang dilakukan
menggunakan social media untuk meningkatkan traffic dari website dengan cara
meningkatkan profile serta mempublikasikan konten yang hendak kita sebarkan
sehingga traffic ke website kita menjadi meningkat. Teknik
SMO ini biasanya gratis. Tidak memerlukan biaya karena kita tidak membeli
layanan jasa dari pihak lain. Kita dapat membagikan konten kita melalui
tombol share di akun media social kita. Kemudahan akses
dan kepraktisan menjadi nilai lebih SMO disbanding dengan teknik lainnya.
Dengan smartphone kita tinggal share dalam waktu kurang dari satu menit.
Manfaat SEO, SEM, SMM & SMO !
Tujuan utama pebisnis membangun sebuah website adalah untuk
meningkatkan angka penjualan sekaligus mendekatkan diri kepada konsumen.
Akan tetapi hal ini akan berjalan sia-sia jika tidak melakukan
optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh
setelah melakukan optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO sebagaimana dirangkum dari
berbagai sumber.
1. Trafik kunjungan
SEO, SEM, SMM dan SMO bertujuan meningkatkan jumlah trafik
kunjungan dari pengguna internet tertarget, mulai dari mesin pencari hingga
sosial media. Empat metode tersebut jauh lebih efektif dan hemat biaya
ketimbang email marketing. Dengan penerapan strategi yang tepat, website
mungkin saja dibanjiri banyak pengunjung.
2. Peringkat website
Jika ingin website lebih ramah mesin pencari, maka metode
SEO, SEM, SMM dan SMO sangat diperlukan. Peringkat website pada hasil
penelusuran untuk kata kunci tertentu semakin terdongkrak naik, bahkan
kemungkinan besar berada di urutan teratas apabila semua diterapkan sempurna.
3. Cepat populer
Cara tercepat menarik perhatian pengguna internet agar mau
berkunjung ke website melalui SEO, SEM, SMM dan SMO. Biaya jauh lebih
terjangkau dan efektif ketimbang promosi offline via media cetak atau email
marketing. Dampak positif pada website bisa dirasakan lebih cepat, meski
tergantung dari konten, kata kunci beserta kebiasaan pengguna internet.
4. Kemudahan analisis
SEO, SEM, SMM dan SMO memungkinkan pemilik website
menganalisis serta melacak kebiasaan pengunjung sehingga berpotensi
memaksimalkan kata kunci. Dengan demikian pemilik bisa mengetahui langkah dan
strategi yang akan diambil karena lebih banyak memperoleh data akurat.
5. Brand awareness
Tujuan utama SEO, SEM, SMM dan SMO tak sekedar meningkatkan
trafik kunjungan, tetapi mendongkrak brand awareness atau kesadaran merek di
mata pengguna internet. Semakin tinggi posisi website di mesin pencari atau
sosial media, maka lebih banyak kunjungan pengguna internet menuju website. Hal
ini turut mempengaruhi angka penjualan.
6. Promosi efektif
Menguasai metode SEO, SEM, SMM dan SMO mempermudah website
dalam mempromosikan produk, konten, press release atau informasi penting yang
perlu diketahui oleh konsumen secepat mungkin. Kombinasi empat metode tersebut
sangat kuat sehingga berpengaruh besar dalam promosi efektif nan murah.
Comments
Post a Comment