Pengertian SEO, SEM, SMM, SMO dan Manfaatnya


Dalam dunia digital marketing, SEO menjadi salah satu cara yang selalu ditempuh untuk melancarkan strategi marketing. Mungkin sebagian dari Anda Anda sudah memahami betul apa itu SEO. Namun apakah Anda juga sudah tahu menahu tentang SEM, SMM, dan SMO? Perlu Anda ketahui, SEO, SEM, SMM, dan SMO telah memegang peranan penting dalam penentuan peringkat pada mesin pencari.
Dengan melakukan optimasi SEO, SEM, SMM, dan SMO maka hal itu akan membantu website milik Anda berada pada halaman pertama dalam mesin pencari, bahkan menjadi peringkat pertama. Untuk mendapatkan hal tersebut, bukan hanya sekedar melakukan optimasi terhadap SEO, SEM, SMM, dan SMO. Namun tetap diperlukan suatu strategi marketing yang tepat untuk membuatnya menjadi semakin terarah dan tepat sasaran.
SEO


SEO (Search Engine Optimization) adalah cara yang dilakukan sesorang agar web nya berada di posisi atas di mesin pencarian atau search engine. Jadi ketika seseorang searching di google atau search engine lainnya maka web atau blog kita berada pada posisi pertama atau halaman pertama. Kenapa sih harus berada paling atas?
Lha ya jelas lah semakin atas websitenya semakin banyak pengunjungnya. Coba kalo kalian searching di google, pasti yang diliat halaman 1 doang. Jarang yang browsing sampe halaman 2 apalagi 3 kan. Oleh karena itu makanya ada yang melakukan SEO.
Keuntungan yang didapat dengan melakukan SEO adalah :


1.                  Mendatangkan traffic yang banyak
2.                  Meningkatkan Penjualan
3.                  Meningkatkan daya saing

Tabel Kelebihan dan Kekurangan Non-SEO VS SEO

Berikut ini table kelebihan situs/halaman web yang non-SEO VS kelebihan situs/halaman web yang di-SEO-kan.


Dan ini masing-masing kekurangannya: 

SEM


SEM (Search Engine Marketing) adalah cara yang digunakan untuk memasarkan atau mengiklankan website kita kepada pihak yang menyediakan jada periklanan tersebut. Jenis pemasaran iklan sangat bergam, bisa berupa gambar, animasi, tulisan dan masih banyak lagi. SEM yang sedang terkenal sekarang adalah google Adwords. Ketika kita mengetikan sesuatu pada search enginegoogle maka aka nada beberapa website yang diiklankan dan letaknya berada paling atas.
Secara tingkatan, SEM lenih unggul dibandingkan dengan SEO. Sistem pembayaran yang digunakan oleh SEM adal PPC (Pay Per Click) atau Pay Per Impression.

SMM


SMM (Social Media Marketing) adalah penggunaan social media sebagai media marketing untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Kita sudah memasuki era social media shingga penggunaan social edia sudah sangat lumrah dan sangat efektif untuk marketing.
Perbedaan SMM dengan SEO ataupun SMO adalah SMM menggunakan konten berbayar. Kita beriklan di social media. Untuk mengoptimalkan social media tentu kita harus mencari target pasar terlebih dahulu sehingga kita tidak kesulitan dalam mengatur social media kita. Semakin luar jangkauan area SMM semakin besar dampak yang diberikan terhadap website dan produk.
Para pelaku bisnis online sering memilih SMM karena murah, mudah dan lebih efektif dan efisien. Dampak lainnya adalah meningkatkan pemasaran produk. Dengan semakin banyaknya pengguna social media tentu kemungkinan suatu produk dilihat oleh orang menjadi tinggi.

SMO


SMO (Social Media Optimizing) adalah teknik yang dilakukan menggunakan social media untuk meningkatkan traffic dari website dengan cara meningkatkan profile serta mempublikasikan konten yang hendak kita sebarkan sehingga traffic ke website kita menjadi meningkat. Teknik SMO ini biasanya gratis. Tidak memerlukan biaya karena kita tidak membeli layanan jasa dari pihak lain. Kita dapat membagikan konten kita melalui tombol share di akun media social kita. Kemudahan akses dan kepraktisan menjadi nilai lebih SMO disbanding dengan teknik lainnya. Dengan smartphone kita tinggal share dalam waktu kurang dari satu menit.

Manfaat SEO, SEM, SMM & SMO !

Tujuan utama pebisnis membangun sebuah website adalah untuk meningkatkan angka penjualan sekaligus mendekatkan diri kepada konsumen. Akan tetapi hal ini akan berjalan sia-sia jika tidak melakukan optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh setelah melakukan optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.
1. Trafik kunjungan
SEO, SEM, SMM dan SMO bertujuan meningkatkan jumlah trafik kunjungan dari pengguna internet tertarget, mulai dari mesin pencari hingga sosial media. Empat metode tersebut jauh lebih efektif dan hemat biaya ketimbang email marketing. Dengan penerapan strategi yang tepat, website mungkin saja dibanjiri banyak pengunjung.
2. Peringkat website
Jika ingin website lebih ramah mesin pencari, maka metode SEO, SEM, SMM dan SMO sangat diperlukan. Peringkat website pada hasil penelusuran untuk kata kunci tertentu semakin terdongkrak naik, bahkan kemungkinan besar berada di urutan teratas apabila semua diterapkan sempurna.
3. Cepat populer
Cara tercepat menarik perhatian pengguna internet agar mau berkunjung ke website melalui SEO, SEM, SMM dan SMO. Biaya jauh lebih terjangkau dan efektif ketimbang promosi offline via media cetak atau email marketing. Dampak positif pada website bisa dirasakan lebih cepat, meski tergantung dari konten, kata kunci beserta kebiasaan pengguna internet.
4. Kemudahan analisis
SEO, SEM, SMM dan SMO memungkinkan pemilik website menganalisis serta melacak kebiasaan pengunjung sehingga berpotensi memaksimalkan kata kunci. Dengan demikian pemilik bisa mengetahui langkah dan strategi yang akan diambil karena lebih banyak memperoleh data akurat.
5. Brand awareness
Tujuan utama SEO, SEM, SMM dan SMO tak sekedar meningkatkan trafik kunjungan, tetapi mendongkrak brand awareness atau kesadaran merek di mata pengguna internet. Semakin tinggi posisi website di mesin pencari atau sosial media, maka lebih banyak kunjungan pengguna internet menuju website. Hal ini turut mempengaruhi angka penjualan.
6. Promosi efektif
Menguasai metode SEO, SEM, SMM dan SMO mempermudah website dalam mempromosikan produk, konten, press release atau informasi penting yang perlu diketahui oleh konsumen secepat mungkin. Kombinasi empat metode tersebut sangat kuat sehingga berpengaruh besar dalam promosi efektif nan murah.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Menambahkan Efek Cahaya Pada Animasi di Blender

Cara Membuat Animasi Dadu di Blender

Cara Membuat Directory dan Sub-Directory dengan Menggunakan CMD